PROGRAM

YAYASAN CAKRAWALA TIMUR

PRIORITAS PROGRAM

Pada saat sekarang, prioritas program lembaga diarahkan pada advokasi, pendidikan, pendampingan pengorganisasian (CO), dan pengambangan keberdaya-an ekonomi (CD) pada kelompok petani dan perempuan di perdesaan sebagai “core” lembaga. Sedangkan terhadap kelompok pemuda, mahasiswa, komunitas pesantren dan komunitas lainnya, Cakawala Timur bertindak sebagai supporting system.

PROGRAM YANG TELAH DILAKUKAN

  1. Pelatihan Advokasi dan Hukum Pertanahan bagi warga kasus pembebasan tanah untuk proyek Semen Gresik II di Kab. Tuban, bekerjasama dengan Sekretariat Bina Desa Jakarta, tahun 1991.
  2. Pelatihan Advokasi dan Hukum Pertanahan bagi warga kasus pembebasan tanah untuk proyek perumahan di Kec. Kedung Kandang, Kodya Malang, bekerjasama dengan Sekretariat Bina Desa Jakarta, tahun 1991.
  3. Pelatihan Analisa Sosial tingkat dasar bagi mahasiswa se Jawa Timur, bekerjasama dengan Sekretariat Bina Desa Jakarta, diselenggarakan di Malang, 1992.
  4. Pelatihan Analisa Sosial tingkat lanjutan bagi mahasiswa se Jawa Timur, bekerjasama dengan Sekretariat Bina Desa Jakarta, diselenggarakan di Malang, 1992.
  5. Pelatihan Analisa Sosial tingkat dasar bagi mahasiswa se Jawa Timur, bekerjasama dengan LPPS Jakarta, diselenggarakan di Malang, tahun 1995.
  6. Pelatihan Analisa Sosial lanjutan bagi mahasiswa se Jawa Timur, bekerjasam dengan LPPS Jakarta, diselenggarakan di Malang, tahun 1995.
  7. Pendidikan dan Pelatihan Jurnalistik tingkat dasar bagi mahasiswa se Jawa Timur, bekerjasama dengan harian Surabaya Post dan Yayasan Hatta Yogyakarta, diselenggarakan di Surabaya, tahun 1993.
  8. Pelatihan Kemah Bhakti Kemasyarakatan bagi mahasiswa se Surabaya, bekerjasama dengan LPPS Jakarta, diselenggarakan di Surabaya, tahun 1996.
  9. Pelatihan manajemen untuk peningkatan Usaha Tani bagi petani warga kasus di Kab. Tuban, bekerjasama dengan Sekretariat Bina Desa Jakarta, tahun 1992.
  10. Pelatihan Manajemen untuk Peningkatan Usaha Tani bagi petani warga kasus di Kodya Malang, bekerjasama dengan Sekretariat Bina Desa Jakarta, tahun 1992.
  11. Pelatihan Manajemen dan Perkoperasian bagi sopir bus jurusan Surabaya-Malang dan armada truk tanki, bekerjasama dengan Yayasan Hatta Yogyakarta.
  12. Pelatihan Advokasi dan Hukum bagi sopir bus jurusan Malang-Surabaya bekerjasama dengan Yayasan Hatta Yogyakarta, tahun 1992.
  13. Pelatihan Dasar HIV/AIDS bagi Pemuda di Lingkungan Perkotaan, 7 – 9 April 2000 di Prigen, Pasuruan; kerjasama dengan Pact Indonesia.
  14. Pertemuan dan Pelatihan Petani se Jawa Timur I, Nopember 1998, di Songgoriti-Batu, Malang; kerjasama dengan Sekretariat Bina Desa, Jakarta.
  15. Pertemuan dan Pelatihan Petani Jawa Timur II (actionplan: Organ Tani Lokal); April 1999 di Pacet-Mojokerto, kerjasama dengan Sekretariat Bina Desa dan LPPS, Jakarta.
  16. Proyek Civics Education untuk Penguatan Politik Rakyat, dengan bentuk kegiatan: workshop materi, pelatihan untuk pelatih, pelatihan tingkat basis, focus group discussion, pementasan kesenian rakyat, penerbitan komik, penerbitan poster dan pamflet; semua di Jawa Timur (pada 5 kelompok basis/sasaran: petani, buruh transportasi, pemuda, mahasiswa, dan komunitas pesantren), Agustus 1999 – Januari 2000, kerjasama dengan USAID/OTI Surabaya Regional Office.
  17. Proyek Pendidikan Partisipasi Masyarakat untuk Penguatan Otonomi Daerah, dengan tema “Otonomi Daerah dalam Perspektif: Kemandirian, Pluralisme, dan Toleransi”, dengan bentuk kegiatan: lokakarya issu-issu strategis di 13 daerah kota/kabupaten, pelatihan analisa sosial dan advokasi di 7 wilayah eks-karesidenan, PSA-Radio (iklan layanan masyarakat) di 13 stasiun radio, polling otonomi daerah di 13 daerah kota/kabupaten (semua di Jawa Timur), April 2000 – Agustus 2000, kerjasama dengan USAID/OTI Surabaya Regional Office.
  18. Pembinaan petani melalui kegiatan Pelatihan Teknis pembuatan Pupuk Organik bagi petani dampingan di 8 daerah kabupaten di Jawa Timur (Tuban, Lamongan, Gresik, Ngawi, Ponorogo, Malang, Probolinggo, Blitar dan Jember), Maret 2000 – Juni 2000.
  19. Program Pemberdayaan komunitas petani di merakurak tuban 2004 -2005 bekerjasama dengan Asian community Trust jepang.
  20. Voters education ; peningkatan partisipasi politik perempuan jawa timur 2003 -2004.bekerjasama dengan partnership governance reform In Indonesia ( PGRI )
  21. Partisipasi politik perempuan dalam pembuatan kebijakan publik di jawa timur tahun 2005 bekerja sama dengan Patnership governance reform in Indonesia.
  22. Program membangun akses petani dan kelompok perempuan pedesaan dalam pengelolaan tanah pertanian untuk penanggulangan kemiskinan tahun 2007 bekerjasama dengan The Asia Foundation.
  23. Program Peningkatan partisipasi kelompok perempuan dalam advokasi anggaran untuk pemenuhan hak-hak dasar perempuan di 10 Kabupaten/kota di Jawa Timur tahun 2007-2009 bekerjasama dengan Ford Foundation.